Senin, 27 Desember 2010

Menggunakan aturan pangkat dan akar untuk menyederhanakan bentuk aljabar

Bagaiman kabar Anda hari ini?, semoga baik selalu.

Indikator ke-2 UN Matematika SMA tahun 2011 menitik beratkan terhadap kemampuan siswa dalam bidang aljabar, bukan pada bidang aritmatikanya. Tahun ini soalnya lebih di persempit indikatornya, karena tidak melibatkan logaritmanya serta khusus untuk bentuk aljabar. Anda bisa sedikit lega karena bentuk logaritma kemungkinan besar tidak dikeluarkan untuk indiktor ini. 

Sebagai bahan perbandingan Anda bisa melihat indikator ke-2 ini untuk tahun 2011 dan tahun 2010 di bawah ini

Tahun 2011 :
Menggunakan aturan pangkat dan akar untuk menyederhanakan bentuk aljabar.

Tahun 2010 :
Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma

Walaupun bentuk logaritma tidak keluar, Anda harus lebih ekstra dalam belajar khususnya siswa, karena dari hasil pengamatan penulis masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam melakukan operasi pada bentuk aljabar, mereka masih sering melakukan kesalahan pada saat melakukan operasinya. Adapun bagi guru ini menjadi tanggung jawab kita untuk
membantu mereka menghadapi permasalahan tersebut. 


Guna membantu Anda untuk lebih siap dalam menyelesaikan soal UN, saya telah membuatkan beberapa buah soal yang berkaitan dengan menyederhanakan bentuk aljabar dengan menggunakan sifat-sifat akar dan bilangan berpangkat. Soal ini berjumlah 20 butir, untuk mendownload soal tersebut silahkan klik disini.

Belajarlah dengan sungguh-sungguh, jangan segan-segan bertanya kepada orang yang lebih tahu dari Anda, mungkin guru, orang tua, atau teman-teman Anda. Jangan cepat putus asa, saya yakin jika Anda atau orang terdekat Anda mampu menyelesaikan semua soal ini, maka untuk indikator ini bisa terlewati dengan baik. Jika Anda telah memiliki e-book SIAP UN gunakan e-book tersebut sebagai panduan, dan bagi yang belum memiliki bisa mendapatkannya sekarang juga dengan menjadi member soalmatematik.com disini.

Selamat belajar, semoga kesuksesan selalu 

bersama kita semua, amiin





Tidak ada komentar: